Manisan Belimbing Wuluh Enak

Manisan Belimbing – Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki beragam jenis buah-buahan. Salah satunya adalah belimbing wuluh yang rasanya asam. Namun rasa asam inilah yang membuat belimbing wuluh diabaikan manfaatnya Belimbing wuluh adalah salah satu tanaman yang tumbuh subur di seluruh daerah di Indonesia terutama di Nanggroe Aceh Darussalam. Manfaat blimbing wuluh bagi kesehata sangat banyak seperti mengatasi penyakit rematik, batuk, gondongan, diabetes, sakit gigi, sariawan, gusi sampai berdarah tekanan darah tinggi.

Rasa asam yang teramat sangat pada belimbing wuluh ini disebabkan oleh kadar vitamin C yang tinggi. Buah ini juga mengandung kalium yang dapat melancarkan keluarnya air seni sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Kandungan kimia pada batang yakni tanin, saponin, glucoside, sulfur, asam format, calsium oksalat dan peroksidase. Sedangkan pada daun yaitu sulfur, Tanin,  peroksidase, asam format, kalium sitrat dan calsium oksalat.

Buah belimbing wuluh sering dimanfaatkan sebagai penghilang bau amis pada bahan makanan dan penambah rasa asam pada olahan masakan. Namun buah ini dianggap memiliki nilai ekonomi rendah. Betapa tidak, karena jika dilihat dari rasa dan bentuk tak banyak orang yang menyukainya. Hal tersebut bisa memacu penyia-nyiaan bahan pangan. Untuk menghindari penyia-nyiaan tersebut maka banyak orang yang menyiasatinya menjadi produk olahan yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi jika di bandingkan dalam bentuk mentah. Salah satunya adalah mengolahnya dalam bentuk manisan blimbing wuluh.

Manisan sendiri merupakan cara untuk mengawetkan komoditi pangan dengan menggunakan gula. Banyak masyarakat yang suka dengan manisan karena memiliki rasa manis bercampur dengan rasa khas buah dan sangat cocok untuk dinikmati diberbagai kesempatan. Produk pangan yang memiliki kandungan kadar gula tinggi ini menjadi produk manisan yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang relatif lama. Bahan yang digunakan untuk membuat manisan belimbing wuluh yaitu kapur sirih, gula pasir, air matang dan natrium metabisulfit. Jika anda tertarik untuk mencicipi manisan belimbing ini, anda bisa membeli manisan yang sudah jadi dengan rasa yang unik dan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *